Target Pajak Bumi dan Bangunan Rp 175 Miliar

Target Pajak Bumi dan Bangunan Rp 175 Miliar

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemkot Semarang, menargetkan angka yang cukup tinggi dalam penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun 2013. Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota ... dibebani target Rp 175 miliar dari sektor ini.Saat kegiatan Penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB Tahun 2013, Kamis (7/3),
Kepala DPKAD Kota Semarang, Yudi Mardiana menegaskan, pihaknya berharap mayarakat, pengusaha, maupun wajib pajak lain bisa tepat waktu dan taat terhadap pajak.

"Kegiatan ini dilaksanakan juga untuk menyosialisasikan SPPT PBB tahun 2013 kepada para wajib pajak melalui aparat kecamatan dan kelurahan, RW, dan RT guna menunjang penerimaan," katanya.

Yudi Mardiana mengungkapkan, PBB semula merupakan pajak yang pengelolaannya ditangani pemerintah pusat. Namun sejak tahun 2012 telah dikelola secara mandiri oleh Pemerintah Kota Semarang dan diatur dalam perda no 13 Tahun 2011, tentang pajak bumi dan bangunan perkotaan dan pedesaan.

"PBB merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah yang memiliki potensi paling tinggi. Pada tahun 2012 lalu targetnya Rp 159 miliar dengan realisasi penerimaan mencapai Rp 161 miliar, sedangkan pada tahun ini target yang dicanangkan Rp 175 miliar," paparnya.

Sementara Plt Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, masyarakat Kota Semarang sudah terbiasa membayar PBB. Yang berbeda adalah jumlahnya dari tahun ke tahun. "Paling penting adalah pencapaian target yang diharapkan selalu meningkat serta ketepatan masyarakat dalam menjalankan kewajibannya, yaitu membayar PBB tepat waktu," ujarnya.